Rabu, 17 Juli 2013

Caringin Tilu (Cartil)

Melihat Kota Bandung Dari Ketinggian

Sebenarnya trip dalam kota gw kali ini berawal dari pertanyaan salah satu teman gw di BBM yang bilang gini "Jo, lu tau gak tentang CarTil?" gw yang kurang lebih dah hampir tiga tahun mencari sesuap nasi dan beberapa lembar tiket di Bandung alias gawe di Bandung sempet gelagapan (lebay....) karena baru pertama kali dengar nama tuh tempat (yang gw tahu Pasar Induk Caringin yang tiap lewat situ kita harus tutup hidung karena wangi yang luar biasa....) Gw bilang sama dia gak tahu, terus teman gw bilang lagi gini "jiss ngapain aja u di Bandung? CarTil aja gak tahu, cuma tahunya Leuwi Panjang duank? (secara kost-an gw adanya di Leuwi Panjang, cari aja Kost-an Pak Jujun biarin numpang ngetop juga bapak kost gw...biar keliatan eksis numpang nama di blog orang keren, pasti semua orang tahu (secara bapak kost gw terkenal cui... dah kaya artis ya) udah ah gw lanjut lagi ya ceritanya....

Karena penasaran akan Caringin Tilu itu gw putuskan hari itu pas tanggal 9 Mei gua ingat pas tanggal merah, gw ajak teman gw si Jajang untuk temenin gw ke CarTil dan gw bilang kita ngeteng aja karena lebih seru kalau ngeteng, akhirnya dengan beribu trik ngebujuk gw yang mahir buat ngejeblosin orang untuk mencintai jalan-jalan gembel ala gw akhirnya dia mau juga.

Saat itu kamis pagi gw bangunin dia yang kebetulan susah dibanguninnya jam 4 subuh (gak deng lu pikir gw mau ngepet apa jam segitu) gw jalan jam 7 dari kost gw, dengan naik Damri Jurusan Leuwi Panjang - Cicaheum yang waktu itu ongkosnya masih dua rebu perak (waktu itu BBM belum naik, sekarang jadi tiga rebu cuy..) gw berangkat menuju ke Cicaheum.

Nah nih DAMRI yang sukses membawa gw sampai Terminal Cicaheum dari Terminal Leuwi Panjang

Kurang lebih satu jam kita di dalam bus DAMRI ini, akhirnya bus ini memasuki pemberhentian terakhirnya yakni  di Terminal Cicaheum.

Nah kedatangan gw di Terminal Cicaheum sampe di sambut seperti ini coba (keplak pala sendiri, tu emang udah ada dari sononya Jo...oh ya ya maaf)

Sampe terminal Cicaheum gw sempat tanya sama supir DAMRI nya kalau mau ke CarTil nyambung naek apa ya (lu bayangin gw kaya orang bego di kota sendiri akibat gak gaul sama supir atau kenek angkot) apa coba ya.... ya akhirnya setelah gw dapat saran untuk naek angkot pake Padasuka dan turun persis di depan Gang Padasuka (patokannya adalah Baso Padasuka) gampang koq yang ternyata cuma 200 meteran aj tuh jaraknya (shit... kata gw dalam hati tahu gini mending jalan hitung-hitung olah raga) tapi ya udahlah ya yg penting gw dah sampe di jalan Padasuka dan sebentar lagi gw sampe yang namanya CarTil (belum tahu gw ternyata jauhnya minta ampyun.... karena saat itu masih bayangin dekat dan belum tahu realitanya).

Berhubung cacing-cacing di perut gw gak bisa diajak kompromi, gw putuskan untuk mampir dulu ke tukang Lontong Sayur yang ada di jalan yang menuju masuk ke jalan Padasuka. Akhirnya gw pesan lontong sayurnya, terus gw tanya sama si tukang ketupatnya yang bernama Pak heri (nah ini penting buat kita nanya dan sok akrab sama orang ketika lagi trip karena mereka bisa nolong kita untuk tahu rute tujuan kita, jadi jangan malu ye bertanya....) dan dengan santainya si abangnya bilang dekat koq dari sini, bisa naek ojeg atau jalan juga bisa koq... dengar kata dekat muka gw sumbringah cuy...

Setelah melahap semua lontong sayurnya dan juga gorengannya gw langsung cabut lumayan lontong sayurnya seporsi cuma Rp. 7.000 buat ganjal perut mantap banget cuy...

Nih tempat gw sarapan.

Setelah perut terisi gw sama si Jajang lanjut lagi jalan, jalanan terus nanjak cuy, lumayan juga bikin etis berkonde, bayangan deket yang si tukang lontong bilang ke gw koq belum nyampe-nyampe juga ya padahal gw jalan dah hampir se jam. Terus gw putusin untuk naek ojeg juga deh. Ongkosnya 10 rebu, pas gw tahu naik ojeg itu gw langsung berkata dalam hati anjisss segini jauh dibilang dekat sama tuh tukang lontong shittt.

Terus gw liatlah ada resto Dapur Caringin Tilu namanya gw pikir ini adalah warung daeweung yang menjadi tujuan gw, gw minta turun disitu.

Nah nih Resto Dapur Caringin Tilu

Kebetulan ada yang lewat penduduk setempat terus gw tanya nih warung daewung bukan, eh ternyata dia bilang bukan warung daewung mah masih diatas lagi masih 4 KM lagi, denger itu shock gw langsung. Pengen rasanya gw maki-maki tuh tukang ojeg yang dah ngeboongin gw (tapi ada ibu peri yang ingetin Baim supaya tidak maki-maki tuh tukang ojeg, terus gw jadinya maki-maki ibu peri nya aja dah...puas...) dan apesnya gak ada lagi tukang ojeg jadi kita harus melanjutkan itu dengan jalan kaki (lumayan bakar kalori...) benar-benar butuh perjuangan untuk menuju ke puncak CarTil.

Setengah perjalanan gw melihat warung kopi, gw putuskan untuk berhenti dulu untuk memesan kopi untuk mengusir rasa haus gw.....

Warung Kopi tempat kita ngopi sebelum melanjutkan perjalanan ke puncak CarTil

Selesai istirahat dan ngopi kami lanjutkan perjalanan, sepanjang perjalanan memang indah semua yang kita lihat adalah hamparan sawah dan kebun hijau, jadi walaupun harus jalan kaki tapi tidak terlalu berasa capek.

Siapa yang gak betah disuguhi pemandangan hijau gini sepanjang trekking.

Setelah beberapa lama gw berjalan gw seneng banget karena nemuin ini gapura yang berarti bentar lagi gw sampe, karena warung daeweung itu letaknya memang di Desa Cimenyan.

Gapura Desa Cimenyan

Gak tahu kenapa desa ini dinamakan cimenyan, mungkin dulunya orang-orang disini tukang buat menyan, atau mungkin juga orang-orang di desa ini suka makanin menyan ( lu pikir mereka semua setan Jo yang doyan menyan), udahlah gak usah gw lanjutin bahas tentang asal usul nama nih desa daripada makin ngaco, lanjut, kembali gw naik turun jalan itu seperti naik turun bukit (sambil gw nanyi ost nya Ninja Hatori yang "mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman bertualang" ) sudah hentikan suara itu , dah ah lanjut lagi....

Kurang lebih 45 menit kemudian gw berdua jalan sampailah juga di Warung Daweung ini tepat pukul 12 siang waktunya makan siang (jadi kebayang kan gw jalan kurang lebih ada 3 jam) tapi sampe sini rasa lelah gw terobati dengan melihat ciptaan Tuhan yang luar biasa cantik (lu pikir cewe Jo) maksud gw alamnya cantik (alam mah indah Jo...) ah terserah gw, tulisan tulisan gw, masalah buat lu (semakin absurd) ya alamnya benar-benar indah (gak percaya lu? nih gw kasih liat... lu pelotoin ya...

Tuh menurut lu cantik gak ciptaan Tuhan itu......

Puas menikmati pemandangan di luar warung, gw masuk ke dalam warung untuk mengganti energi gw yang hilang akibat trekking sekitar 6 KM tadi....

Tuh sebenernya tulisan diatasnya Warung Daweung tapi karena gelap jadi gak kelihatan

Daftar Menu dan Harga.

Tapi ada yang membuat saya penasaran dengan daftar menu ini adalah kata "Kezo", saya sempat bingung "what the meaning of Kezo?" (halah bahasa inggris zaman kuliah dapet C aja belagu u Jo) eits enak aja nilai gw kuliah tuh A, gak tahu dosenya kasihan kali ya sama gw jadi dikasih A, hehehhe) pas gw tanya ke si Jajang Kezo itu artinya nasi, owalah nyebut nasi aja ribet banget, tapi itu bahasa Sunda kasar.

Akhirnya gw pesen Kezo Goreng Special, yang isinya teornya 2, sosis, suwiran daging ayam.

Inilah dia Kezo Goreng Spesial

Narsis di tulisan Warung Daweung

Si Jajang gak mau kalah narsis juga....

Mungkin karena cuaca disini dingin makanya di warung daweung disediakan tungku perapian dah kaya di negara-negara Eropa gitu yang memiliki musim salju, keren kan....

Nih Tungku Apinya

Selesai makan, gw lanjut keliling ke halaman depan nih warung, ternyata banyak yang pacaran datang kesini (jangan sampe berbuat mesum aja ya...otak lu yang mesum Jo...) emang tempatnya enak buat pacaran, sayangngya gw jomblo jadi kesini sama batangan juga deh (koq gw jadi curhat ya....keplak). Gak lama kabut turun lumayan tebal, takut gak bisa pulang gw sama si Jajang ya putuskan untuk turun saja

Tuh kabutnya tebal banget kan....

Pas turun dari CarTil gw sempat mampir ke satu titik dimana gw bisa lihat secara keseluruhan kota Bandung dari atas, inilah daya tarik CarTil sebenarnya....

Spot keren di CarTil

Sayang gw gak bawa teropong,kalau bawa mungkin gw bisa liat kost gw yang di Leuwi Panjang.Terus gw jalan menuruni CarTil dan menemukan rumah tradisonal khas Jawa Barat, yakni rumah yang masih berbentuk panggung. Gw pun gak menyia-nyiakan kesempatan untuk foto.

Rumah Khas Jawa Barat

Inilah rangkuman one day trip gw, jadi destinasi untuk jalan gk harus jauh-jauh, ekplore dulu daerah setempat daerah tempat tinggal kita, karena masih banyak daerah unik yang menurut orang lain keren tapi terkadang luput dari pengamatan kita.

So....mari angkat ransel kita dan pergi ke tempat indah-indah itu.... sebab Never Ending Strory About Journey.