Sabtu, 06 Juli 2013

Sedikit Goresan Iseng Gua Tentang Backpacker

Kali ini gua mau posting tentang hal yang ringan, bukan tentang perjalanan gua backpacking kemana, kali ini gua mau nulis tentang apa sih backpacker itu. Sederhana sih hal yang gua bahas ini atau mungkin cenderung gak penting (eits... tapi kadang hal yang simple ini penting mas bro dan mbak bro....)

Gua ingat pernah ada beberapa orang yang pernah nanya ke gua gini. "Kalau menurut lo Jo apa pengertian backpacker?" kemudian gua jawab gini "Berdasarkan kamus besar bahasa Inggris adalah......" (gak gitu juga kali ya gua jawabnya. Waktu itu gua jawab "backpacker itu sebetulnya simple, lu pergi dengan budget murah tapi pengalaman yang lu dapetin gak murahan (setuju gak sob? apa gak setuju?anggap aja setuju dah....)

Kenapa gua bilang gitu, karena itu yang gua alami, gimana nggak coba, waktu gw pertama kali kenal dunia backpacker ini waktu itu cuma untuk ngisi waktu libur lebaran gua dari kantor yang panjangnya minta ampun...(minta ampun sama siapa u Jo... minta ampun jangan sama gua, sama Tuhan sono). Kenapa gua waktu itu nekat backpacker-an? karena waktu itu gua lagi patah hati sob, gua baru aja mengalami yang namanya putus cinta.( jiah ngapa gua jadi curhat ya....toyor) dan gua butuh refreshing sedangkan duit di rekening cuma ada beberapa duit aja.....gua inget waktu itu duit gw tinggal 3M (Marebu Maratus Mapulu) bukan deng waktu itu gw cuma punya duit sekitar 3 jutaan (lumayan dikit ya...) waktu itu gua berpikir dengan duit segitu gua mau jalan yang bisa membunuh rasa jenuh gua akan libur yang kepanjangan itu. Tapi gua ingat biaya liburan itu gak murah sob, waktu itu gua berpikir naek pesawat aja berapa duit? belum hotel, bisa jadi gembel gua dengan duit yang gua punya.

Tapi gua ingat gua pernah browsing di internet tentang jalan-jalan murah yakni backpacking... nah gua mulai browsing gimana caranya gua bisa backpacking itu? Gua mulai tentuin deh tuh mau kemana gua jalan (dulu gua gak tahu itu namanya ittenary. Norak ya gua) akhirnya gua tentuin seperti yang gua posting di postingan gua sebelumnya itu yakni gua pilih Jogja dan Jawa Tengah.

Apa yang gua lakukan kemudian, tanya-tanya tentang alternatif transportasi murah ke Jogja, kemudian cari penginapan murah, terus cari kendaraan umum apa yang bisa gua pake selama di Jogja. Untuk lu backpacking lu butuh riset bro, minimal u browsinglah dan konsul sama Mbah Google biar ngikutin pepatah "Malu bertanya sesat di kamar....eits ngapain lu di kamar maksud gua di jalan"

Informasi dah di dapat. Yakni gua tahu kereta api lah transportasi paling murah ke Jogja, terus gua cari penginapan yang murah tapi gak murahan (nah itu juga gua dah posting gua nginap dimana waktu di Jogja di postingan sebelumnya.) Terus di sana gua akan jalan dengan transportasi apa juga gua dah tahu..okay selanjutnya gua siapin dah tuh ransel... tapi waktu itu gua ingat gua gak pake ransel tapi pake tas kaya orang mau pulang kampung.  (maklum masih pemula.....)

Terus satu hal yang membedakan kita jalan dengan model backpacker lu tuh akan dapat pengalaman yang lebih kaya? kenapa gua bilang gitu, nih alesannya ya gua terangin... Kalau kita jalan dengan tour emang sih enak tinggal duduk terus ikuti deh tuh jadwal yang dah di buat sama travel aggent kita. Feel nya dimana? jujur kalau gua gak dapet tuh feelnya kalau jalan model gitu. Terus untungnya lagi dengan budget yang sama mungkin enggan kita ikut tour yang diadain travel agent gua hanya bisa tiga-lima hari dan objek wisatanya pun sedikit pastinya, tapi dengan budget yang sama bahkan bisa lebih murah kita bisa dapat sekitar satu minggu atau bahkan bisa lebih tentunya dengan objek wisata yang lebih banyak.

Terus menurut gua yang paling penting adalah kita dapat ilmu banyak yang gak akan kita dapat dengan ikut travel agent. Seperti yang gua dapet minimal gua dapet ilmu tentang bagaimana gua bisa bermasyarakat dengan lebih luwes, dan gua belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang yang baru di kenal dengan sebaik mungkin dan ini sangat-sangat berharga. Mengapa gua bilang berharga? lu gak akan dapat ini di bangku kuliah. Ya kan?

Terus dengan backpacking nih ya... minimal gua nambah teman dan sahabat, mau tahu kenapa gua bilang gitu? Jujur ya ketika gua belum ngelakuin backpacker gua punya teman terbatas sob, paling teman kantor,teman sekolah (itu pun dah jarang banget contact..), teman kuliah, teman pelayanan (karena gua melayani di salah satu gereja) udah itu ajah. Yang paling gua perhatiin untuk jadi tolak ukur gua adalah contact BBM gua nambah, follower dan following gua nambah di twitter.

Terus berikutnya wawasan kita juga bisa tambah luas, karena dengan kenal teman-teman yang mungkin beda daerah atau bahkan beda negara. Kita akan tahu kebudayaan mereka, bahasa mereka, kebiasaan mereka. So bener2 kaya pengalaman kan?

Jadi masih takut berbackpacking ria? buang semua ketakutan itu dan nikmatilah perjalanan lu orang pada.ambil ranselmu dan pergilah ke tempat indah-indah itu.....

Never ending storry about journey....You can go anywhere, just go and enjoy your trip.

1 komentar: