Sabtu, 07 Desember 2013

Bagaimana Packing yang baik?

Bagaimana Packing yang baik?

Sebenarnya hal ini adalah hal yang simple, tetapi beberapa orang yang mungkin sudah pernah nge bolang seperti gw, seringkali membawa barang-barang yang tak terpakai sama sekali, atau bahkan ransel kita mengalami kelebihan beban (apalagi bagi backpacker kaya gw yang gak mau beli bagasi dan mengandalkan bagasi kabin saja tentunya hal ini sangat-sangat penting), karena apabila gw kelebihan barang bawaan maka gw harus membayar bagasi yang mungkin harganya bisa tiga sampai empat kali lipat (sayang baget kan, mending tuh uang buat gw survive selama nge bolang).

Untuk itu gw mau berbagi beberapa tips yang mungkin berguna bagi pembaca setia blog gw:
* Pilih backpack yang kedap air atau ada rain covernya ( mengingat  mungkin saja selama kita melakukan perjalanan cuaca saat itu hujan) jadi apabila kedap air atau memiliki rain cover maka kita tidak perlu repot lagi.
* Pilih backpack yang memiliki resleting dan tali yang kuat, tentunya kita tidak mau di repotkan dengan putusnya ransel kita. (ini pengalaman gw ketika backpack gw harus putus resletingnya saat dalam perjalanan).
* Jangan membawa backpack yang terlalu besar, untuk perjalanan menggunakan penerbangan ekonomi promo tentunya backpack 55-60 liter cukup.
* Hindari mengepak barang satu malam sebelum berangkat, karena akan memudahkan kita untuk mengingat-ngingat barang apa yang terttinggal sehingga tidak repot saat nanti kita sudah berangkat.
* Taruh barang yang berat dan besar di bagian bawah.
* Isilah backpack dengan 75 % volume saja, karena space yang tersedia nanti untuk pakaian kotor dan juga oleh-oleh.
* Barang-barang berharga dan dompet serta pasport hendaklah di pisahkan dalam tas.

Saat gw melakukan perjalanan selama dua belas hari, barang-barang apa saja yang gw bawa, antara lain :
3 buah T- Shirt Ransel Hitam
3 buah kaus
3 buah celana pendek
2 buah celana panjang dengan yang di pakai
Handuk kecil
Perlengkapan mandi, sabun, shampo,sisir, gel rambut, silet cukur
2 pasang kaus kaki
Tali sepatu ( ini digunakan untuk menjemur pakaian di hostel )
MP3 player, kanera dsigital, charger kamera, handphone, charger handphone
Sepasang sandal
Buku dan peta panduan perjalanan


Backpack yang memuat keperluan gw selama 10 hari trip

Cara mengepak yang simple dan tidak makan tempat, saya melakukannya dengan menggulung pakaian seperti di bawah ini dan mengikatnya dengan karet gelang, hal ini berguna juga agar pakaian tidak lecek selama dalam perjalanan.

Contoh Packing

Dan berat bawaan gw gak lebih dari 7 Kg sesuai dengan targetnya Low Cost Airlines (FYI sebenarnya sih selama gw jalan beberapa kali flight gak pernah di suruh nimbang tuh tas, asal sesuai dengan ketentuan satu tas dan satu hand bag)

Gua juga sarankan untuk membawa tas kecil sabagai tempat menyimpan uang dan pasport.

Okay sekian tips  dari gw semoga bermanfaat buat pembaca setia blog gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar