Minggu, 06 Oktober 2013

Secuil Pengalaman Membuat Pasport (Surat Perjalanan Republik Indoesia)

Secuil Pengalaman Membuat Pasport (Surat Perjalanan Republik Indoesia)


Setelah gw beberapa kali menginjakkan kaki di beberapa destinasi liburan lokal di Indonesia yang begitu sangat indah. Kali ini gw mau melebarkan sayap ngegembel gw, yakni mencoba keluar negri (cie.... sombong u Jo.). Bukan sombong cuy, karena gw dapat tiket murah dari maskapai Merah aja jadi ya gw jalan ke luar, kalau gak dapat tiket murah juga belum tentu gw jalan.

Tetapi tiket sudah ditangan, gw bingung dah mau perginya gimana orang pasport aja gak punya, masa iya pake KTP (KTP gak berlaku cuy buat identitas diri di luar negri). Jadi gw harus membuat Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI) atau yang biasa disebut pasport. Ada dua cara buat gw dapatkan papsort yakni tinggal nyuruh biro jasa, gw sempat tanya-tanya berapa duit kalau pakai biro jasa, rata-rata mereka mematok tarif Rp. 800.000 - Rp. 1.200.000, tapi gw tanya-tanya sama teman-teman gw yang dah pernah buat sendiri berapa tarif yang resminya, mereka rata-rata bilang berkisar Rp. 250.000, gw pikir gila ye mahal banget selisihnya sampe tiga kali lipat, mending buat beli tiket tuh selisihnya. (maklum mind set backpacker gembel....)

Setelah gw browsing syarat-syarat apa aja yang di perlukan untuk memperoleh pasport gw sediakan berkas-berkasnya, karena gw baru pertama kali membuat pasport maka ini berkas yang di perlukan, antara lain :
1. Kartu Tanda Penduduk. (formatnya khusus photo copy di depan kantor imigrasi dan mereka biasa sudah tahu tinggal bilang untuk pasport saja)
2. Kartu Keluarga.
3. Surat Rekomendasi dari instansi tempat bekerja pemohon.
4. Akta Lahir
5. Surat Nikah (apabila pemohon sudah menikah)
6. Formulir permohonan SPRI
7. Ijazah

Setelah berkas-berkas itu siap, gw datangi kantor imigrasi, kebetulan perlu di ketahui bahwa KTP gw adalah KTP DKI Jakarta sedang gw berdomisili di Bandung, maka gw bisa membuat di mana saja untuk pasport ini, maka gw putuskan untuk membuat di Kantor Imigrasi Kelas I Kota Bandung yang terletak di jalan Surapati No. 83 Bandung, Telpon 022-7275294.

Dan satu lagi untuk menjadi informasi, bawa juga berkas aslinya, karena di bagian registrasi akan di cocokan foto copy dengan aslinya, biar kita gak bolak-balik apalagi buat yang kerja kaya gw ribet kan kalau bolak-balik.




Kantor Imigrasi Kelas I Bandung.

Gw putuskan waktu gw berangkat pagi-pagi karena dengar- dengar ngantri disana, eh betul aja ketika gw sampe sana benar sudah ngantri banyak orang.

Untuk berkas pengajuan  SPRI dimasukkan ke dalam map (mapnya bisa di beli di kantin belakang, biasanya sudah satu pakjet sama sampul pasportnya seharga Rp. 10.000), setelah menyerahkan berkas tersebut, maka kita akan menerima bukti penerimaan berkas dan di minta datang kembali dua hari mendatang.

Setelah mmenunggu dua hari maka gw datang lagi ke Kantor Imigrasi Klas I Bandung lagi, kali ini gw antri diloket untuk melakukan pembayaran, untuk biayanya di kenai biaya sebesar Rp, 265.000, setelah membayar dan mendapatkan kwitansi gw pun mengantri untuk wawancara dan photo geometrik.

Beberapa menit gw mengantri nomor antrian gw di panggil, gw masuk ke meja wawancara, pas itu gw disuruh duduk terus disuruh makan ya Jo? (ya kagak lah cuy... u pikir gw ke kondangan temen gw sunatan...), ketika gw duduk di mulailah wawancaranya, sumpah kali ini gw lebih tegang di bandingkan gw waktu nembak cewek gw, eh pas denger pertanyaan-pertanyaan yang di lontarkan cukup simple..,. gw pikir gw bakal di tanya siapa nama presiden Amerika Serikat yang ke - 32, atau gak gw di tanyain siapa nama bapaknya Obama, mana gw tahu emang gw engkongnya Obama, ternyata gw cuma di tanya rencana mau ke mana buat pasport ini, terus kerja dah lama di Bandung pak, udah cuma itu aja tuh si pewanwancaranya nanya gw, simple banget kan?

Selesai wawancara, kemudian gw di suruh ke meja photo, oh ya untuk informasi aja ya, pakaian kita harus rapi dan sopan. Setelah photo selesai, selesai pula proses untuk buat pasport. Gw tinggal menunggu waktu tiga hari kerja lagi.

Setelah menunggu tiga hari selesailah pasport gw, tinggal ngambil dan pasport siap untuk di pakai ngebolang.
Demikianlah sekelumit kisah gw membuat pasport, jadi cukup mudah kan syarat dan prosedurnya dan pasti lebih murah ketimbang pake biro jasa.


SPRI alias Pasport.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar